Pengikut

Monday, November 2, 2009

Dunia Baru

Pernyataan yang pernah dilontarkan Alvin Toffler akan terjadinya pergeseran dari masyarakat industri menjadi masyarakat informasi kini telah menjadi kenyataan. Sebuah komunitas baru di masyarakat yang begitu getol memburu informasi (e-community) telah hadir. Mereka memburu sekian juta informasi dan memiliki kesempatan untuk saling berbagi begitu banyak informasi di jagat raya ini melalui sebuah jejaring maya (internet). Don Tapscot, penulis The Digital Economy, mengatakan bahwa perubahan fenomena bisnis-pun kian mengarah ke arah tersebut.
Jika sering menjelajah internet, kita bisa jumpai banyak anak muda di negeri ini yang sudah menjalankan bisnis melalui internet. Salah satu yang mendorongnya adalah modal yang dibutuhkan relatif murah. Dengan bermodal situs atau bahkan blog gratisan, mereka menjual apapun yang bisa dijual.
Menurut Sawidji Widoatmodjo, paling tidak ada 10 bisnis yang akan menjadi mesin uang di masa datang, yaitu e-budget, bisnis suara, software privacy, transmisi data, iklan rumah dan mobil, server, wireless e-mail, internet content, dan solusi.
Jika perkiraan ini benar, maka sudah saatnya bagi siapa saja untuk mulai menengok internet sebagai media bisnis atau bahkan pekerjaan.

No comments: